by

WARU Salurkan Bantuan Sosial Lansia Secara Simbolis

METRO,CAHYAMEDIA.CO.ID – Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin dan Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman menyalurkan bantuan sosial Lansia dalam program Perlindungan Sosial tahun 2021.

Penyaluran bantuan sosial dilaksanakan di Kantor Pos Kota Metro ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial Lansia yang ada di wilayah Kota Metro.

Walikota Metro Wahdi menyampaikan, kegiatan juga sebagai bentuk perlindungan sosial bagi masyarakat di Kota Metro terutama penduduk lanjut usia.

“Untuk penyaluran bantuan sosial Lansia ini, Pemerintah Kota Metro bekerja sama dengan Kantor Pos Kota Metro, dengan menggunakan sistem Giropos. Pemberian bantuan sosial Lansia ini juga bersumber dari APBD Kota Metro Tahun 2021″, jelas Wahdi.

Tak hanya itu, Wahdi juga menyampaikan kalau kegiatan tersebut sudah termasuk dalam 5 program yang telah dijalankan dalam masa 100 hari kerja.

“Saya berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi para penerima. Mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan semangat dan manfaat bagi para penerima”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Metro, Suwandi mengatakan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kinerja Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam bidang sosial khususnya pelayanan bagi Lansia. Dimana kata Suwandi, penduduk Lanjut Usia (Lansia) merupakan salah satu kelompok penduduk yang dinilai sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19.

“Kuota Lansia penerima bantuan sosial hanya sebanyak 1.500 orang se-Kota Metro. Untuk jumlah Lansia penerima bantuan dalam Gelombang I ini, ada sebanyak 240 orang. Pemberian bantuan sosial berupa uang tunai/cash sebesar Rp 500.000,- per Lansia dan hanya untuk 1 kali penerimaan saja”, papar Suwandi.

Suwandi mengemukakan,data Lansia ini juga berasal dari Data Tetap Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS yang telah selesai diverifikasi dan divalidasi oleh Kecamatan, Kelurahan, TKSK, PSM, dan Dinas Sosial Kota Metro sesuai dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan. (Duta)

Comment