CAHYAMEDIA (BANDARLAMPUNG) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mendorong atau menggenjot peningkatan sektor pariwisata melalui penyelenggaraan berbagai event berskala nasional.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Bobby Irawan, di Bandarlampung, Sabtu (31/5/2025), mengatakan langkah ini merupakan bagian dari strategi untuk menjadikan provinsi ini sebagai destinasi utama wisata nasional.
“Salah satu event nasional yang digelar di Lapangan Saburai, Bandarlampung dengan menghadirkan sejumlah artis ibu kota, termasuk King Nassar, menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat,” kata dia.
Ia pun mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini telah menjadi kunci kesuksesan daerah lain, seperti Banyuwangi, yang kini berkembang pesat dari sisi pariwisata.
“Banyuwangi dulunya salah satu kabupaten termiskin di Jawa Timur, sekarang menjadi salah satu yang termaju berkat event-event pariwisata. Ini yang sedang kami coba terapkan di Lampung,” kata dia.
Kegiatan yang digelar Finafood tersebut juga menjadi momentum penting dalam perkembangan pariwisata di Lampung.
“Ini baru tahun kedua setelah sebelumnya di Makassar. Sekarang giliran Lampung, dan itu membuktikan kepercayaan pihak luar terhadap potensi pariwisata kita,” kata dia.
Ia juga menyampaikan apresiasi karena dari sekitar 70 tenant yang terlibat dalam festival ini, hanya empat berasal dari luar daerah. Selebihnya merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal yang bergerak di sektor kuliner.
“Ini sejalan dengan misi kami untuk menggerakkan ekonomi lokal. Sepanjang 2024 ini, kami sudah menggelar berbagai event, termasuk konser dan festival kuliner yang mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun luar daerah,” kata dia.
Head of Region Sales Sumatera PT Sekar Laut, Tbk Matius mengatakan kegiatan Bazar Makanan Pedas Terbesar di Indonesia, Uleg Bazar Kuliner (UBK), diadakan di Lampung karena provinsi memiliki pertumbuhan yang bagus di sektor kuliner dan pariwisatanya.
“UBK hadir bukan hanya sebagai ajang pesta kuliner, tetapi juga aksi nyata perusahaan terhadap kemajuan UMKM dan sektor pariwisata lokal untuk komitmen sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata,” kata dia.
Ia pun mengapresiasi Dinas Pariwisata Lampung yang mendukung penuh kegiatan ini, karena kegiatan nasional tersebut mampu menjadi langkah strategis dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif daerah.
“Kami percaya, event-event seperti ini bisa menjadi daya tarik baru wisata kuliner Lampung. Oleh karena itu kami fasilitasi publikasi Uleg Baz melalui media online dan billboard di titik strategis agar masyarakat bisa turut meramaikan,” kata dia. (Maulana/Kominfotik)
Comment