by

Pemkab Pringsewu Tinjau Banjir Bandang Pardasuka dan Serahkan Bantuan

PRINGSEWU,CAHYAMEDIA.CO.ID – Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., meninjau lokasi banjir bandang di Kecamatan Pardasuka, Kamis (7/1/21).

Wabup Pringsewu didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Malian Ayub, Kadis PUPR Imam Santiko, Kepala Pelaksana BPBD Edi S. Pamungkas, Kadis Lingkungan Hidup Hendrid dan Kasat Pol.PP Ibnu Harjianto beserta Camat Pardasuka Titik Puji Lestari dan Kapekon Tanjung Rusia Wildan Firdaus, turun ke lokasi melihat langsung kondisi beberapa rumah warga dan fasilitas pendidikan yang terdampak banjir.

Beberapa dari bangunan itu yakni Balai Pekon Tanjung Rusia, Puskesdes bangunan PAUD serta sejumlah rumah warga di Dusun Pulau Nyamuk, serta sejumlah pekon atau desa lainnya akibat meluapnya Way Mincang.

Dari beberapa pekon atau desa di Kecamatan Pardasuka yang terdampak banjir bandang, diantaranya Pekon Tanjung Rusia, Tanjung Rusia Timur, Pardasuka, Pardasuka Selatan, Sukanegeri, Selapan dan Kedaung.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Pringsewu juga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada para warga terdampak bencana banjir bandang di Kecamatan Pardasuka.

Sementara itu berdasarkan pantauan dan permintaan warga, beberapa hal yang sangat mendesak untuk diatasi adalah kebutuhan air bersih.

Menanggapi permintaan itu, Wabup Pringsewu meminta instansi terkait untuk segera menyalurkan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak. Sementara, berkaitan dengan hal lainnya, Pemkab Pringsewu akan segera melakukan penanganan terpadu terhadap dampak bencana alam yang terjadi.

Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWSMS) juga ikut turun meninjau ke lokasi bencana banjir bandang. Pihak BBWS Mesuji Sekampung berencana menerjunkan alat berat melakukan perbaikan dan upaya penanggulangan bencana di sepanjang aliran Way Mincang, yang memang menjadi kewenangannya.

Sementara itu, Camat Pardasuka Titik Puji Lestari mengatakan, dari tujuh (7) pekon terdampak banjir bandang di wilayahnya, berdasarkan laporan sementara yang diterima, di Pekon Tanjung Rusia terdapat 70 lebih rumah terendam banjir hingga rusak ringan dan sedang.

Kemudian, 501 rumah di Pekon Pardasuka, 18 rumah di Pekon Pardasuka Selatan, 3 rumah di Pekon Kedaung, 3 rumah di Pekon Selapan, dan beberapa rumah di pekon lainnya. (*/rls)

Comment