by

Nunik Berpesan, Dawam dan Azwar Selaraskan Program Unggulan Lampung Berjaya di Lampung Timur

LAMTIM,CAHYAMEDIA.CO.ID – Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur (M.Dawam Rahardjo) dan Azwar Hadi (Wakil Bupati Lampung Timur) yang akan memimpin Lampung Timur lima tahun kedepan (2021-2026) supaya menyelaraskan Program Lampung Berjaya di Lampung Timur.

Hal itu diungkapkan Nunik dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) Bupati Lampung Timur dari Pelaksana Harian (Plh) Bupati Lampung Timur kepada Bupati Lampung Timur Periode 2021-2026, yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur, Sukadana, Lampung Timur, Jum’at (26/2/2021).

Pada kesempatan itu, Nunik meminta dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, Pemerintah Kabupaten dan Kota, khususnya Kabupaten Lampung Timur, wajib melakukan sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) terutama dalam menyusun perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Lampung guna menjamin keselarasan pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam rangka mewujudkan rakyat Lampung Berjaya.

Adapun program unggulan provinsi diantaranya Kartu Petani Berjaya (KPB) dan program smart village. Meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas.

Kemudian, membuka investasi dan mengembangkan dunia usaha dan pariwisata, membangun infrastruktur dan konektivitas antar wilayah dan daerah.

“Lampung Timur merupakan daerah dengan jumlah penduduk terbanyak nomor dua di Lampung. Hal ini sangat penting supaya kedepan, kebijakan di Lampung Timur dapat selaras dengan kebijakan Provinsi Lampung. Ini harus dilakukan agar pembangunan dapat lebih maksimal lagi”, ucap Nunik.

Nunik meminta Dawam dan Azwar memaksimalkan peran Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dalam pembangunan, terkhusus melibatkan peran masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Selain itu, Nunik juga mengucapkan rasa syukur, dimana pada tanggal 26 Februari 2021, ia telah menyaksikan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Lampung Timur terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Dengan telah dilaksanakannya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, maka telah menjadi ujung dari pesta demokrasi yang penuh dengan dinamika, independensi, idealisme dan harapan. Saat inilah kiranya kita merajut tenun kebangsaan dan mensinergikan segala upaya dan sumber daya untuk membangun masa depan Provinsi Lampung yang lebih baik,” ujar Nunik.

Nunik juga menilai kalau pelantikan tersebut merupakan dinamika pemerintahan di daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana seorang kepala daerah dan wakil kepala daerah akan menjalankan roda pemerintahan selama 5 (lima) tahun kedepan.

Kepada Plh Bupati Lampung Timur, Nunik juga mengucapkan terimakasih atas curahan segala tenaga dan pemikirannya dalam menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Lampung Timur, hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur terpilih asil Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Saya minta agar Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur dapat terus bahu membahu, saling mendukung, saling mengerti dan saling menopang untuk setia dan memberikan yang terbaik untuk Lampung Timur”, tandas Nunik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo mengatakan kalau ia bersama Azwar Hadi siap mengemban tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur hingga akhir masa jabatan.

“Saya bersama Wakil Bupati siap melanjutkan pembangunan di Bumei Tuah Bepadan ini sehingga Lampung Timur dapat semakin maju”, ucap Dawan.

Dawam mengemukakan, kedepan tentunya berbagai tantangan dan kendala tidaklah ringan. “Untuk itu kita perlu kerja bahu membahu, konsisten, bersatu dan saling bersingeri dalam setiap aspek pembangunan, sehingga dapat menjadikan Lampung Timur semakin maju”, kata mantan kepala BKPSDM Kabupaten Pringsewu ini.

Untuk itu, Dawam juga meminta dukungan seluruh jajaran Pemkab Lampung Timur, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung berbagai program pembangun di Lampung Timur. Selain itu, Dawam juga meminta dukungan, bimbingan dan arahan dari Pemprov Lampung. (*/Rls)

Comment