by

Jemput Bola, Cara Disdukcapil Kota Metro Maksimalkan Pelayanan Perekaman E-KTP dan KIA

METRO,CAHYAMEDIA.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Metro, sejak Bulan Januari 2021 lakukan perekaman Eletronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) bagi warga Pemula, dengan sistem jemput bola di kelurahan yang ada di Kota Metro.

Hal itu seperti terlihat di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara, Rabu (17/2). Dimana, pegawai dari Disdukcapil Kota Metro bersama petugas perekaman tengah melayani warga yang mengajukan permohonan Perekaman E–KTP.

I Nyoman Cahya Kesuma, Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Sri Sulistiowati, Kasi  Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan (PPDK) Disdukcapil Kota Metro saat dikonfirmasi di sela-sela perekaman mengatakan, kalau perekaman E-KTPnmerupakan kegiatan rutin di setiap tahunnya.

“Tujuannya untuk mempercepat proses administrasi pendataan penduduk dan pengolahan data kependudukan di Kota Metro. Dengan begitu, pelayanan prima, cepat dan gratis di Disdukcapil Metro bukan sekedar omong kosong”, ucap I Nyoman Cahya.

Selain pelayanan perekaman E-KTP sambung I Nyoman Cahya, pihaknya juga melayani pembuatan Kartu Idetitas Anak (KIA). “Kami menghimbau kepada masyarakat Kota Metro yang belum mempunyai kartu Identitas khususnya E-KTP, untuk segera melakukan perekaman Identitas kependudukan”, ucap I Nyoman Cahya.

I Nyoman Cahya mengemukakan, sebelumnya pelayanan perekaman E-KTP dilaksanakan di Kecamatan Metro Pusat, Metro Barat, Metro Timur.

“Besok, pelayanan perekaman kita lakukan di Kecamatan Metro Utara. Setelah itu, di wilayah Kelurahan di Kecamatan Metro Selatan”, urai I Nyoman Cahya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Metro, Maria Jaya Singa saat dikonfirmasi melalui sambungan ponselnya mengatakan, pelayanan perekaman E-KTP memang menjadi agenda rutin di setiap tahun.

“Karena pandemi Covid-19 dan semua sekolah juga libur, maka kita lakukan jemput bola dalam pelayanan perekaman E-KTP bagi pemula dan warga yang belum melakukan perekaman”, jelas Maria Jaya Singa.

Menurut Maria Jaya Singa, pelayanan perekaman E-KTP di Kota Metro sudah mencapai 100 persen. Namun, dengan pertimbangan disetiap harinya masih ada warga yang berumur 17 tahun, pelayanan perekaman tetap dilakukan.

“Saya berharap bagi warga Kota Metro yang belum melakukan perekaman, untuk segera melakukan. Sebab, kartu identitas kependudukan ini sangat  banyak kegunaan dan manfaatnya”, ucap Maria Jaya Singa.

Sutoyo, Lurah Purwosari dalam kesempatan melihat-lihat proses perekaman E-KTP, mengucapkan terimakasih atas pelayanan Perekaman E-KTP diwilayahnya.

“Perekaman E-KTP dengan cara jemput bola ini sangat membantu masyarakat. Selain itu, membantu aministrasi kelurahan. Harapannya, kegiatan semacam ini bisa dilakukan disetiap tahunnya”, ucap Sutoyo. (*/Duta)

Comment