by

Fauzi Buka Raker Sinkronisasi Program Dinas Perikanan

PRINGSEWU,CAHYAMEDIA.CO.ID – Rapat kerja (Raker) sinkronisasi program Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu tahun 2021 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., di kantor dinas setempat di Jalan KH.Ghalib Raya, Pekon Podosari, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Kamis (21/1/21).

Raker diikuti jajaran Dinas Perikanan setempat beserta para penyuluh perikanan dan UPP.

Wabup Pringsewu didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs.Masykur Hasan dan Kadis Perikanan Kabupaten Pringsewu, Debi Hardian, S.Pi, mengajak seluruh jajaran Dinas Perikanan untuk bersama-sama meningkatkan peran pemerintah dalam upaya peningkatan tingkat produksi ikan maupun Angka Konsumsi Ikan (AKI).

“Untuk meningkatkan AKI di Kabupaten Pringsewu, Dinas Perikanan juga bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, misalnya dengan mengadakan gerakan makan ikan yang melibatkan pihak sekolah dan para pelajar”, pinta Fauzi.

Selain itu lanjut Fauzi, Dinas Perikanan dapat memanfaatkan LPPL Radio Pringsewu FM untuk menyosialisasikan berbagai program kegiatan di Dinas Perikanan.

Sementara itu, Kadis Perikanan Kabupaten Pringsewu, Debi Hardian, S.Pi. mengungkapkan, selama 2020 lalu, tingkat produksi ikan di Kabupaten Pringsewu mencapai 11.816 ton, terdiri dari perikanan budidaya dan perikanan tangkap. Sedangkan angka konsumsi ikan berada di angka 27,75.

“Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu juga sedang fokus dalam upaya membantu penurunan angka stunting, dengan meningkatkan peran bidang perikanan dalam mendukung penurunan stunting di Kabupaten Pringsewu”, ucap Debi.

Menurut Debi, beberapa Pokdakan juga telah diajukan guna mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Terkait petugas penyuluhan, Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu selama ini dibantu oleh 9 penyuluh perikanan dari KKP, dengan alokasi 1 kecamatan 1 petugas penyuluh”, terang Debi. (*/rls)

Comment