by

Bertemu dengan Ketua MKKS SMA/SMK se Lampung, Arinal Ingatkat Peran Strategis Kepala Sekolah

METRO,CAHYAMEDIA.CO.ID – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengingatkan kalau, peran kepala sekolah sangat vital, dominan dan strategis dalam peningkatan kinerja sekolah.

Hal itu dikemukakan Arinal saat kunjungan kerja dan memberikan pengarahan kepada Ketua MKKS SMK/ SMA Provinsi Lampung dan Kepala Sekolah SMK N/S se-Kota Metro, di SMKN 2 Metro, Metro, Rabu (13/01/2021).

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan upaya perbaikan kinerja pendidikan secara umum antara lain melalui budaya unggul dan budaya kerja sekolah. Upaya membangun budaya unggul dan budaya kerja sekolah ini diperlukan adanya kesadaran, komitmen, serta kerjasama semua pihak terutama faktor kepemimpinan dalam hal ini Kepala Sekolah”, jelas Arinal

Arinal mengatakan, kalau Kepala Sekolah memiliki peran sangat vital, dominan, dan strategis dalam upaya peningkatan kinerja sekolah, begitu pula dalam upaya penciptaan budaya unggul dan budaya kerja sekolah.

“Untuk itu, sikap pemimpin diharapkan mampu melahirkan budaya unggul disekolah diantaranya keterbukaan, penghargaan, partisipasi, motivator, teladan, disiplin, toleransi, kreatif, hangat, rendah hati, sederhana, antusiasme, dan juga proaktif”, papar Arinal.

Menurut Arinal, berbagai kebijakan hanya akan tinggal kebijakan hampa dan teoritis belaka, jika tidak direspon oleh sekolah sebagai satuan pendidikan.

“Oleh karena itu, mutu Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting, sehingga SMK harus benar-benar mampu mencetak lulusan yang memiliki komptensi tinggi sesuai dengan kompetensi yang dibuka, sehingga mampu bersaing di pasar bebas baik pasar lokal, nasional maupun internasional”, papar Arinal.

Arinal berharap Provinsi Lampung kedepan bisa menjadi salah satu pengekspor tenaga kerja profesional yang memiliki kompetensi khusus dan ahli di bidangnya.

Arinal juga menuturkan, kalau SDM tingkat menengah yang sebagian besar lulusan SMK harus disiapkan agar mampu mengantisipasi dinamika kebutuhan tenaga kerja di tingkat regional, nasional maupun internasional.

“Untuk itu, mulai tahun 2020 dilaksanakan Revitalisasi SMK. Revitalisasi SMK pada hakekatnya merupakan upaya meningkatkan kinerja sekolah agar mencapai level tingkat tertinggi atau unggul, dan karenanya layak disebut sebagai pusat keunggulan atau Center of Excellence (COE)”, tandas Arinal.

Sebelum memberikan pengarahan, Arinal terlebih dahulu meninjau hasil karya siswa SMK N 2 Metro berupa karya teknik perikanan, agribisnis ternak unggas (farm broiler), farm pembibitan ayam, agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Kemudian dilankutkan dengan mengecek laboratorium pembuatan makanan nabati, dan laboratorium kompetensi keahlian kimia industri (KI).

Selain memberikan pengarahan di SMKN 2 Metro, Arinal Djunaidi beserta rombongan juga meninjau lokasi Center Of Excellence Teknik Pemesinan di SMK Negeri 3  Metro.

Dalam kesempatan itu, Arinal memperhatikan dengan seksama bantuan dari Kementerian Pendidikan yang ada di Center Of Excellence  SMK Negeri 3  Metro, diantaranya 3 CNC Milling, CNC Turning, 3 Surface Grinding.

Tak hanya itu, Arinal juga melihat berbagai macam karya khas siswa SMK Negeri 3 Metro diantaranya tempat cuci tangan, pakaian APD, absensi RFID, Smart home, drone, dan rak server alat praktek jaringan, serta berbagai macam karya lainnya. (Adpim)

Comment