by

Arinal Djunaidi Dilantik Menjadi Ketua Mabida Gerakan Pramuka Lampung

BANDARLAMPUNG,CAHYAMEDIA.CO.ID – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Gerakan Pramuka Lampung, Masa Bakti 2020-2025 oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar, di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, Rabu (10/02).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Nomor 179 Tahun 2020 Tentang Majelis Pembimbing Daerah dan Majelis Pembimbing Daerah Harian Gerakan Pramuka Lampung Masa Bakti 2020-2025.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Pelantikan Pengurus Kwarda Lampung oleh Ka Mabida Arinal Djunaidi dan Pelantikan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka Lampung Masa Bakti 2020-2025 oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung Chusnunia.

Pelantikan berlangsung dalam 3 tahap, yakni tahap pertama pelantikan pengurus Mabida dan Mabida Harian oleh Sekjen Kwarnas. Lalu tahap kedua pelantikan pengurus Kwarda Lampung dan pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan oleh Gubernur Lampung selaku Ketua Mabida. Serta terakhir pelantikan pengurus Dewan Kerja Daerah Lampung oleh Ketua Kwarda Lampung.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, lokasi pelaksanaan pelantikan terbagi di beberapa tempat guna menghindari kerumunan. Lokasi utama berada di Balai Keratun lantai 3 Komplek Pemerintah Provinsi Lampung. Lalu kedua berada di Aula Graha Bakti Pramuka Kwarda Lampung.

Ka Mabida Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan bahwa Gerakan Pramuka memiliki potensi yang luar biasa, melalui pembentukan karakter individu yang tangguh sebagai pembangunan karakter bangsa.

“Pramuka Lampung harus maju dan mandiri karena kunci keberhasilan bangsa terletak pada pembangunan sumber daya manusia. Saya berharap, pramuka dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyukseskan pembangunan,” ucapnya.

Gubernur Arinal Djunaidi juga mengingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, mengucapkan selamat kepada Kakak Ka Mabida Arinal Djunaidi selaku Gubernur Lampung, dan berharap semoga dibawah kepengurusan yang baru Pramuka Lampung dapat menjadi lebih maju.

“Untuk pengurus yang baru, saya berharap agar gerakan pramuka dapat lebih berkembang, dapat mendidik kaum muda untuk menjadi pemimpin di daerahnya serta menjadi pribadi yang berkarakter, mandiri, memiliki keterampilan dan produktif,” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung dan Kepengurusan Pramuka periode sebelumnya atas dukungan dan kinerjanya selama ini.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar juga menyerahkan bantuan dari Kwarnas kepada Kwarda Lampung yang diterima oleh Ketua Kwarda Lampung Chusnunia berupa 10 Ton Beras. (*/rls)

Comment