Erick Thohir Hadiri Ekspor Kopi Perdana Tahun 2022 di Lampung

CAHYAMEDIA (BANDARLAMPUNG) – Menteri BUMN Erick Thohir hadiri acara “Kick off dan Launching Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara”, di Pergudangan Kopi, Jl. Ir. Sutami No. 52, Kelurahan Campang Jaya, Kota Bandarlampung, Minggu (30/1/2022).

Dalam sambutannya, Erick Thohir menyampaikan PMO Kopi Nusantara terdiri atas berbagai unsur, mulai dari BUMN seperti PTPN, Perhutani, Pupuk Indonesia, BRI, hingga RNI; swasta yang meliputi common grounds, dua coffe, Stella, Mayora asosiasi seperti Sustainable Coffee Platform of Indonesia dan Speciality Coffee Association of Indonesia serta lembaga research and development (R&D) dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan RnD BUMN.

“BUMN hari ini berbeda dengan BUMN yang dulu, kita meminta kepada petani untuk terus menghasilkan produk yang menjadi primadona Indonesia,” terang Erick Thohir.

Ia juga mengatakan, pasar kopi Indonesia memang hanya menempati peringkat empat, namun pertumbuhan konsumsi kopi Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi hingga 45 persen dalam sepuluh tahun terakhir. Sementara negara-negara lain hanya 26 persen.

“Alhamdulillah Program Makmur sudah 71.612 hektare dengan 50 ribu petani padi, jagung, tebu, dan holtikultura. Ekosistem sudah terbentuk dan berjalan, para petani pendapatannya naik 30 persen. Ini nyata, bukan mimpi,” ujar Erick Thohir.

“Ekspor kopi Indonesia dari tahun ke tahun meningkat. Data tahun 2021, produksi kopi Indonesia 765.415 ton dan yang diekspor sebanyak 375.555,9 ton dengan nilai US$ 808.158,9.20 per bulan Desember 2021,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMO Kopi Nusantara Dwi Sutono menyampaikan apresiasi kepada kerja tim PMO dengan BUMN atas event launching ekspor kopi Nusantara ke negara Mesir.

“Indonesian penghasil kopi terbesar di dunia, kita juga ingin mensejahterakan para petani kopi, Lampung menjadi pilot project Progam PMO Tahun 2022. Selanjutnya, Jawa timur dengan kopi arabikanya, Jawa barat kemudian di Sumatra Utara,” ungkapnya.

“Pak Menteri menyampaikan adanya id food, perdagangan, distribusi dan sudah beberapa kali ke Lampung karena kita juga akan memproduksi jagung,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir melepas ekspor kopi perdana PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Tahun 2022, ke beberapa negara demi memperkuat ketahanan ekonomi nasional. (hendri)

Comment