Usai Melihat Kondisi BBI, Komisi II DPRD Kabupaten Pringsewu Mengaku Kecewa

By Cahya Media 17 Okt 2019 Dibaca: 153KaliPringsewu

Usai Melihat Kondisi BBI, Komisi II DPRD Kabupaten Pringsewu Mengaku Kecewa

Keterangan Gambar : Komisi IV DPRD Kabupaten Pringsewu saat meninjau kondisi bangunan dan aset yang ada di BPBI di Pekon Tulung Agung Kecamatan Gadingrejo


CAHYAMEDIA.CO.ID, GADINGREJO - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pringsewu mengaku kecewa, setelah melihat kondisi bangunan serta aset yang ada di UPTD Balai Pengembangan Perbenihan Ikan (BPBI) Kabupaten Pringsewu yang terletak di Pekon Tulung Agung, Kecamatan Gadingrejo.

Kekecewan wakil rakyat ini dikarenakan tidak berfungsi dan terawatnya aset yang ada di BBI, seperti gedung laboratorium dan beberapa pprasarana lainnya.

"Gedung laboratorium mangkrak dan tidak berfungsi. Belum lagi, kondisi bangunan yang ada juga tidak terawat dengan baik, justru malah mengesankan kekumuhan", tandas Anton Subagyo, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pringsewu usai berkeliling melihat-lihat kondisi bangunan dan prasarana di BBI bersama Aminullah Adisyanto, Asita Nurgaya dan Mira, Kamis (17/10).

Anton menegaskan harusnya, BBI Pringsewu bisa menjadi pusat study, edukasi dan pelayanan di bidang perikanan.

"Laboratorium ini, harusnya bisa jadi tempat penelitian dan inovasi. Misalnya, ada ikan yang terserang penyakit, bisa diteliti disini, apa penyebab dan bagaimana cara penanganannya", sebut Anton.

Anton juga menegaskan, akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program dan rencana kerja dari Dinas Perikanan.

"Kami akan panggil Dinas Perikanan untuk hering setelah ini. Sebab, kami tidak mau, BBI di tahun 2020 nanti tidak berfungsi seperti ini", tegas Anton.

Keluhan dan pernyataan senada disampaikan Aminullah Adisyanto yang justru menilai, konsep dan perencanaan yang dibuat oleh Dinas Perikanan berkaitan dengan BBI tidak matang dan berkesinambungan.

"Kalau persoalannya lebih kepada masalah teknis, harus nya ini dulu yang diselesaikan. Jadi, dalam perencanaannya juga harus jelas dan berjenjang, tidak loncat-loncat seperti ini", sebut Amin.

Pernyataan senada juga disampaikan Asita Nurgaya kepada Sunarwoto, Kepala UPTD BPBI Kabupaten Pringsewu.

"Kalau laboratoriumnya saja tidak berfungsi, buat apa bikin bangunan baru seperti kolam sama jalan. Harusnya, gimana caranya aset yang ada bisa difungsikan supaya bisa menghasilkan", tandas Asita.

Sementara itu, Sunarwoto Kepala UPTD BPBI Kabupaten Pringsewu menjelaskan, total bangunan yang ada berjumlah 18 unit.

Dari 18 unit bangunan ini lanjut Sunarwoto, meliputi satu bangunan gedung aula, dua unit bangunan mess pegawai, satu unit gudang mesin, satu unit gudang pakan, dan satu unit bangunan laboratorium.

"Ditambah satu unit bangunan

tempat pembibitan yang baru selesai dikerjakan. Tenaga teknis tidak ada, makanya bangunan laboratorium belum bisa berfungsi dan berproduksi", ucap Sunarwoto.

Pantauan wartawan cahyamedia.co.id., di BBI, nampak peralatan pengolahan ikan dan juga sejumlah mesin pembuatan pakan pelet ikan menumpuk di dalam gudang pakan.

Sementara, puluhan aquarium berukuran besar juga tidak terpakai, berjejer di dalam ruang laboratorium.

Bahkan, gedung aula pertemuan yang posisinya tepat berhadapan pada pintu masuk BBI juga nampak tidak terawat dan kotor.

Rerumputan di beberapa titik antara bangunan gedung juga terlihat tinggi menjulang, sehingga mengesankan bak kawasan kompleks yang tidak berpenghuni dan terawat. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. dp jasa seo 23 Okt 2019, 22:22:00 WIB

    Salam kenal buat semuanya. Webnya makin rame aja nih.
    https://jasaseoweb.net/jasa-seo-terbaik/

    IDN Poker 27 Okt 2019, 01:25:38 WIB

    Kronospoker Situs Judi Online IDN Poker, IDN Poker Mobile serta Agen Poker Terpercaya Indonesia untuk permainan Poker Online, Domino Qiu Qiu, Cemeqq, Capsa Susun dan Super10.

    https://kronospoker.com
    https://kronosp oker.com/register.php
    https://kronospoker.com/mobile.php
    https://kronospo ker.com/game_news.php?menu=game
    https://kronospoker.co m/index.php
    https://kronospoker.com/jackpot.php
    htt ps://kronospoker.com/contact.php
    https://kronospoker.c om/referral.php

View all comments

Write a comment