Sujadi : Sekolah harus Lindungi Anak dari Kekerasan Fisik dan Phisikis !

By Cahya Media 06 Agu 2017 Dibaca: 170KaliPringsewu

Sujadi : Sekolah harus Lindungi Anak  dari Kekerasan Fisik dan Phisikis !

Keterangan Gambar :


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID - Peringati Hari Anak Nasional (HAN), tingkat Kabupaten Pringsewu 2017 yang dipusatkan di Pendopo Pringsewu, Sabtu (05/08) dipadati seribuan anak usia produktif (sekolah).

Hadir dalam kegiatan tersebut H Sujadi (Bupati Pringsewu),  Hi. Fauzi (Wakil Bupati Pringsewu), A. Budiman (Sekdakab Pringsewu), Letkol Hinsa Sholeh Harahap (Dandim 0424 Tanggamus),  Kompol Budi (Waka Polres Tanggamus), Ketua TP PKK Kabupaten Pringsewu (Hj Nurrohmah), Ketua Darmawanita Kabupaten Pringsewu, Kompol Andik P. Sigit (Kapolsek Pringsewu), Kapt Redi Kurniawan (Danramil Pringsewu), Tri  Prawoto (Kadisdik Pringsewu), Hi. Nazri.,SH., (Kepala Badan KB dan PP Kabupaten Pringsewu), para kepala  OPD se Kabupaten Pringsewu dan juga para camat.

Kepala Badan KB dan PP Kabupaten Pringsewu dalam sambutanya mengatakan dasar kegiatan yakni Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional, serta Panduan Pelaksanan Hari Anak Nasional Tahun 2017 serta Arahan Bupati Pringsewu.

"Tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta bersama pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik, integratif dan berkesinambungan. Selain itu, meningkatkan kesadaran pemerintah, masyarakat, orangtua dan segenap komponen guna  memenuhi hak-hak anak berdasarkan Child Rights, menghindarkan anak-anak dari penyalahgunaan, perlakuan kejam, penyiksaan, melalaikan, eksploitasi, kekerasan terhadap anak, diskriminasi, pemakaian obat-obatan terlarang, pornografi dan lain-lain," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Deklarasi SUARA ANAK INDONESIA 2017 yang diantaranya berisi tingkatkan Akses pelayanan pembuatan akte kelahiran, terkhusus di daerah pelosok.

Kemudian, meningkatkan peran forum anak dalam pembangunan dan pelibatan tokoh masyarakat dalam implementasi pendewasaan usia perkawinan.

Tumbuhkan pola asuh ramah anak dan tingkatkan pengendalian terhadap peredaran narkotika dan psikotropika serta lindungi anak dari iklan, sponsor dan asap rokok.

Selanjutnya, tingkatkan fasilitas kesehatan ramah anak dan perbaikan gizi buruk.

Tingkatkan kualitas pendidikan melalui implementasi pelaksanaan sekolah 5 hari dan zonasisasi sekolah serta hapuskan segala bentuk kekerasan di sekolah.
Dan Lindungi anak dari segala bentuk eksploitasi dan kekerasan seksual.

Bupati Pringsewu dalam sambutannya mengatakan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 memiliki arti yang sangat dalam.

Selain sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada anak, sebut Sujadi, peringata Hari Anak Nasional juga diharapkan dapat mengingatkan kita semua mengenai tanggung jawab kita untuk mempersiapkan anak-anak menjadi manusia yang berakhlak mulia, berbudi perkerti luhur sehat jasmani dan rohani, berkarakter, tumbuh dam berkembang sebagaimana mestinya.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pringsewu, saya berharap Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan kesadaran kita akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak setiap anak. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak," ucap Sujadi.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 kali ini mengangkat tema 'Perlindungan Anak Dimulai Dari Keluarga' dengan Pesan Utama Saya Anak Indonesia, Saya Gembira'.

Dalam tema tersebut tersirat betapa pentingnya keluarga bagi tumbuh kembangnya anak, pemenuhan hak-hak anak.

Kondisi keluarga yang baik memungkinkan anak tumbuh dan berkembang dengan baik, hak-haknya terpenuhi dan terlindungi dengan baik.

"Jika anak-anak kita terpenuhi hak-haknya dan mendapatkan perlindungan dengan baik, mereka tampak riang gembira," tegas Sujadi.

Sujadi berharap seluruh sekolah di Kabupaten Pringsewu mampu memenuhi hak anak untuk mendapatkan pendidikan yang baik, yang memungkinkan mereka berkembang dengan baik.

"Sekolah juga harus mampu melindungi anak dari kekerasan fisik dan psikis, melindungi mereka dari perlakukan yang diskriminatif. Pastikan di setiap sekolah tidak seorangpun peserta didik yang menjadi korban maupun menjadi pelaku kekerasan fisik maupun psikis," pinta Sujadi.

Dalam kesempatan tersebut, Sujadi mengemukakan kalau pada tanggal 15 Juli 2017, Pemkab Pringsewu juga memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XIV tahun 2017, dimana puncak peringatan tahun ini secara nasional dipusatkan di Provinsi Lampung, tepatnya PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pringsewu, sebut Sujadi, dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu, khususnya Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Nurrohmah, yang telah menerima penghargaan MANGGALA KARYA KENCANA dari Bapak Kepala BKKBN Pusat, serta sebagai Juara Pertama Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung, untuk Kategori Posyandu Terbaik Tahun 2017.

"Penghargaan tersebut tentunya merupakan kebanggaan bersama seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu," imbuh Sujadi. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article