Respon Puskesmas Lambat, Masyarakat Tegalsari Dibuat Resah Akibat DBD

By Cahya Media 22 Jan 2019 Dibaca: 183KaliPringsewu

Respon Puskesmas Lambat, Masyarakat Tegalsari Dibuat Resah Akibat DBD

Keterangan Gambar : Kantor Balai Pekon Tegalsari


GADINGREJO, CAHYAMEDIA.CO.ID - Masyarakat di Pekon Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dibuat resah, menyusul mewabahnya DBD (demam berdarah dengue) di wilayah setempat. 

Terlebih, sedikitnya sudah ada dua warga di Pekon Tegalsari yang terkena DBD dan harus dirawat intensif di Puskesmas Gadingrejo dan juga Rumah Sakit Mitra Husada. 

"Warga disini pada resah mas, apalagi, meski warga disini sudah ada yang kena DBD, tapi belum ada tindakan dari pihak puskesmas Gadingrejo untuk fogging", ungkap Yayan, salah seorang warga di Pekon Tegalsari kepada wartawan cahyamedia.co.id, Selasa (22/01/2019). 

Pernyataan senada disampaikan Waskito, Kepala Dusun 1 di Pekon Tegalsari. 

Menurut dia, pihaknya sudah berupaya memfasilitasi apa yang jadi keresahan masyarakat dengan berusaha mengkomunikasikan kepada pegawai Puskesmas Gadingrejo. 

"Tapi, jawaban dari pegawai puskesmas, kita justru disuruh bergotongroyong melakukan M3 plus. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk menanam sereh wulung",  ungkapnya. 

Sementara itu, Sri Marlina warga Dusun II RT 07 Pekon Tegalsari yang terkena DBD saat ditemui wartawan cahyamedia.co.id dirumahnya menjelaskan, akibat positif terkena DBD, ia terpaksa harus di rawat di Rumah Sakit Mitra Husada selama tiga (3) hari. 

"Awalnya saya berobat ke klinik Kosasih Gadingrejo karena badan terasa panas dingin dan mual-mual. Setelah diambil sempel darahnya dan di cek, hasilnya positif terkena DBD dan di saya langsung dirujuk ke Mitra Husada karena trombosit saya yang turun",  urainya. 

Jum'at (18/01/2019) lanjut Marlina, dirinya diperbolehkan pulang dan dibekali selembar kertas dari Mitra Husada guna disampaikan ke Puskesmas Gadingrejo sebagai pemberitahuan. 

"Pada keesokan harinya, suami saya mengantar surat tersebut ke puskesmas gadingrejo. Tapi enggak tau kenapa, sampai hari ini belum juga ada fogging dari puskesmas gadingrejo",  keluhn 

Keluhan senada disampaikan warga Pekon Tegalsari lainnya, Deki Febrianto yang juga sempat dirawat di Puskesmas Gadingrejo selama tiga (3) hari akibat terkena DBD. 

"Malam itu, badan saya mendadak menggigil dan panas dingin. Selain itu, saya juga merasa mual-mual dan muntah",  jelas Deki. 

Melihat gejalanya yang dialami suaminya, Desi Wahyuni (istri dari deki) malam itu juga berusaha membawa suaminya ke Puskesmas Gadingrejo. 

"Apalagi, mual-mual dan muntah yang dialami suami saya bercampur dengan darah. Karena khawatir, maka saya langsung bawa suami saya malam itu juga pakai motor ke puskesmas", terangnya. 

Setelah diambil sempel dan darah suami saya dicek laboratorium, hasilnya positif DBD. 

"Trombositnya waktu itu 100. Selain terkena DBD, suami saya juga terkena asam lambung",  imbuhnya. 

Kepala Pekon Tegalsari Suharto saat dikonfirmasi lewat sambungan ponselnya mengaku, kalau warganya hanya sedikit yang terkena DBD. 

"Di purworejo pesawaran sana mas justru banyak warganya yang terkena DBD, kalau disini cuman sedikit. Untuk deki, saya sudah tau, tapi kalau untuk yang marlina, saya memang belum tau",  akunya. 

Disinggung soal sejauhama koordinasi dilakukan dengan pihak Puskesmas Gadingrejo terkait dengan masalah fogging yang diharapkan warganya, Suharto mengaku belum melakukan komunikasi. 

"Memang saya belum ada koordinasi dengan pihak puskesmas gadingrejo mas. Apalagi, berdasarkan pengalaman tahun lalu, respon dari puskesmas gadingrejo memang sangat lambat. Bahkan waktu itu saya malah sempat marah-marah di puskesmas menanyakan soal fogging", imbuhnya. (Ful) 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • online pharmacy no prescription

    <a href="http://canadianonlinepharmacyhd.com/">p rescription meds without the ...

    View Article
  • Qrajuq

    <a href="http://cialissoftp.com/">cialis soft pills</a> order paxil ...

    View Article
  • Qrajuq

    <a href="http://cialissoftp.com/">cialis soft pills</a> order paxil ...

    View Article
  • Qrajuq

    <a href="http://cialissoftp.com/">cialis soft pills</a> order paxil ...

    View Article