Pentingnya Pemahaman Dasar Kesehatan Bagi Siswa-Siswi Sekolah
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Induk Rejosari Kecamatan Pringsewu

By Cahya Media 01 Mei 2017 Dibaca: 430KaliKesehatan

Pentingnya Pemahaman Dasar Kesehatan Bagi Siswa-Siswi Sekolah

Keterangan Gambar : Ilustrator


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID – Selain memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Unit Pelaksan Teknis (UPT) Puskesmas Induk Rejosari Kecamatan Pringsewu juga selenggarakan program kesehatan bagi para generasi muda melalui penyuluhan kesehatan remaja yang dilakukan merata mulai jenjang sekolah dasar, menengah dan atas.

 

Kepala UPT Puskesmas Rejosari, NS Yohanes, S.Kep menjelaskan pentingnya pemberian pengetahuan kesehatan remaja bagi sekolah-sekolah sebagai upaya membantu menambah pengetahuan siswa terkait dengan masalah kesehatan remaja.

 

“Sebab, pada tahap ini mereka (siswa-red) berada pada masa ingin tau  dan ingin banyak mencoba hal-hal yang baru. Dengan adanya program ini, membantu memberi pengertian dan pengetahuan dasar supaya mereka mampu mengcover diri mereka sendiri,” ucap Yohanes.

 

Dalam kesmepatan tersebut Yohanse memparkan beberapa materi seperti bahaya meroko bagi kesehatan bagi siswa laki. Sementara, bagi sisw aperempuan dibekali dengan materi tentang seputar masalah menstruasi. “Kedua hal itu pada akhirnya akan bermuara pada pengenalan pendidikan seks sejak dini,” papar Yohanes kepada cahyamedia.co.id, Jumat (o2/9).

 

Belum lama ini Puskesmas Induk Rejosari juga memberikan penyuluhan akan bahaya merokok dan pengenalan tentang siklus menstruasi kepada siswa dan siswi SD Muhammadiyah Pringsewu pada Selasa (30/08). “Kami memang sempat mengisi materi tentang UKS dan pengetahuan dasar kesehatan di SD Muhammadiyah Pringsewu, khususnya bagi anak kelas enam. Dimana materi yang kami sampaikan diantaranya tentang bahaya merokok dan menstruasi” ungkapnya.

 

Yohanes berharap, dengan pemberian pengetahuan sejak dini akan bahaya merokok dan siklus menstruasi mampu memberikan pengetahuan positif bagi siswa.

 

“Dengan begitu, setelah mereka (siswa) paham akan bahaya rokok sejak dini hingganya mereka enggan untuk mencoba merokok. Semenetara bagi para siswi, mereka bisa mempersiapkan diri saat dimana mereka mengahdapi siklus menstruasi ini,” paparnya.

 

Yohanes mengemukakan, bahwasanya orangtua juga perlu persiapkan waktu khusus dan intens guna memberikan arahan berkaitan dengan masalah ini. “Seyogyanya, pengetahuan terkait bahaya merokok dan menstruasi ini bisa mereka dapatkan dari lingkungan keluarga, namun terkadang akibat kesibukan orang tua menjadi kendala mereka bisa memberikan pengetahuan terkait dengan masah tersebut,” ujarnya.

 

UPT Puskesmas Induk Rejosari dalam waktu dekat juga akan memberikan  penyuluhan tentang kesehatan bagi para siswa dan siswi SMP dan SMA. “Materi penyuluhan yang kami berikan di tingkat sekolah dasar ini merupakan pengetahuan dasar saja tentang kesehatan remaja,. Kemudian, untuk jenjang SMP, akan kami perdalam lagi substansi materinya dan ditingkat lagi bagi siswa dan siswi SMA,” pungkasnya. (Iqbal).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Minyak Argan Untuk Kesehatan 16 Nov 2017, 14:56:23 WIB

    Mumpung masih remaja memang harus diperhatikan betul kesehatannya apalagi remaja putri yang kesehatan kulitnya rentan terganggu. Tapi setau saya kalau masih remaja bagusnya pakai produk kesehatan berbahan natural sih dari tanaman atau minyak gitu.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article