Ormas, NGO dan Lembaga Profesi di Pringsewu, Gagas Lahirnya Perda Penanggulangan TBC

By Cahya Media 03 Jan 2019 Dibaca: 43KaliPringsewu

Ormas, NGO dan Lembaga Profesi di Pringsewu, Gagas Lahirnya Perda Penanggulangan TBC

Keterangan Gambar : Penandatangan komitmen mendorong lahirnya Perbup dan atau Perda Penanggulangan TBC di Kabupaten Pringsewu


PRINGSEWU,CAHYAMEDIA.CO.ID - Elemen masyarakat yang terdiri dari Ormas, OKP, Lembaga Profesi serta NGO di Kabupaten Pringsewu sepakat, mendorong dibuatnya peraturan bupati (Perbup) dan atau peraturan daerah (Perda) tentang Penanggulangan dan Pemberantasan Tubercolosis (TBC) di Kabupaten Pringsewu. 

Keinginan dan dorongan tersebut dituangkan kedalam lembar komitmen yang juga ditandatangani oleh perwakilan dari masing-masing organisasi. 

Koordinator Program SSR TB-HIV Kabupaten Pringsewu Muhamad Iqbal kepada wartawan cahyamedia.co.id menjelaskan, kalau kondisi penderita TBC di Kabupaten Pringsewu cukup kronis. 

Iqbal mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan mantuk yang dilakukan terhadap warga dan juga balita di wilayah ambarawa, tidak sedikit balita disana yang positif terkena TBC. 

"Ini kedepan yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua yang tergabung kedalam komunitas peduli TB-HIV,  termasuk juga pemerintah daerah," ucap Iqbal. 

Iqbal menjelaskan, dengan adanya payung hukum (Perda) tentang penanggulangan TBC ini, hingganya akan ada acuan yang jelas serta bentuk komitmen kuat dari pemerintah daerah dalam menyusun program kedepannya berkaitan dengan penanggulangan masalah TBC. 

"Salah satu yang menjadi kendala kita dilapangan adalah soal sumber daya manusia yang siap diterjunkan ke lapangan, serta peralatan pemeriksaan plus pendanaan," terangnya.

Syaifullah, perwakilan dari LBH Kesehatan "Pringkuning" Pringsewu menyatakan sikap dan mendukung dengan rencana dibuatnya Perda tentang Penanggulangan TBC di Kabupaten Pringsewu.

Menurut Syaifullah, salah satu dari penyebab utama yang ikut memengaruhi berhasil dan tidaknya program penanggulangan TBC yakni soal komitmen dari pengambil kebijakan, selain juga pelaksana di lapangan (SDM). 

"Penerbitan Perbup dan atau Perda ini menjadi bagian dari tugas pemerintah daerah, dalam rangka memberikan pelayanan dibidang kesehatan," ujarnya.

Terlebih sambung Syaiful, program pembangunan di bidang kesehatan merupakan urusan wajib dari pemerintah daerah. 

"Penanggulangan TBC sendiri merupakan segala upaya kesehatan yang mengutamakan aspek promotif, preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitasi," urainya. 

Hadirnya Perbup dan atau Perda tentang Penanggulangan TBC di Kabupaten Pringsewu ini,  seyogyanya menjadi semacam kebutuhan mendesak, bila merujuk pada rencana aksi nasional (RAN) yang sudah dirumuskan oleh pemerintah pusat.

"Artinya, sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi," imbuhnya.

Adapun Ormas, OKP,  lembaga profesi dan NGO yang tergabung kedalam komunitas peduli TB-HIV Kabupaten Pringsewu diantaranya Aisyiyah, Muslimat, GOW, IBI, PPNI, KNPI, LPA dan LBH Kesehatan Pringsewu. (sae)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Thomascor

    http://healthreforminitiatives.org/__media__/js/netsoltrad ...

    View Article
  • Thomascor

    http://marondafarms.org/__media__/js/netsoltrademark.php?d ...

    View Article
  • Thomascor

    http://chinesecubes.mobi/__media__/js/netsoltrademark.php? ...

    View Article
  • Thomascor

    http://seismicresolve.com/__media__/js/netsoltrademark.php ...

    View Article