MedSos, Media Efektif Sebarkan Faham Radikalisme

By Cahya Media 23 Nov 2019 Dibaca: 145KaliPerspektif

MedSos, Media Efektif Sebarkan Faham Radikalisme

Keterangan Gambar : Endang Irawati,SE,MSi


CAHYAMEDIA.CO.ID - Aksi penangkapan terhadap terduga terorisme di perbagai daerah termasuk di beberapa kabupaten di lampung, patut diwaspadai.

Sebab, bahaya “radikalisme dan terorisme” saat ini, sudah menyusup kedalam sendi kehidupan bermasyarakat.

“Ini bukan hanya tugas polisi, BNPT dan juga pemerintah semata. Ini menjdi tugas kita bersama dalam menjaga keutuhan NKRI , dan tokoh masyarakat memiliki  peran penting dalam upya pencegahan”, ucap Endang Irawati,SE,MSi., Kepala Bidang Perempuan dan Anak pada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Lampung, saat dimintai pendapat dan pandangannya mengenai terorisme melalui sambungan WhatApps, Jumat (22/11).

Media Sosial (MedSos) sebut Endang, saat ini sudah menjadi sarana strategis bagi kelompok “terorisme” menyebarkan faham dan ajarannya. Bahkan, MedSos juga sudah menjadi wahana pembelajaran efektif dan efisien.

“Kita harus bijak dalam menggunakan Medsos, mengingat para teroris begitu gencar mempengaruhi, mendoktrin lewat media online ini. Direkrut dan diajari membuat bom pun, lewat Medsos”, ucap Endang yang juga menjabat sebagai Sekretaris II Wilayah Muslimat NU ini.

Jika kita menemukan wibsite dengan isi (content) soal ujaran kebencian sambung Endang, sebaiknya dihindari. Selain itu, kita juga harus  aware terhadap anak dan anggota keluarga, dimana rumah juga harus bisa dibuat senyaman mungkin.

“Jangan buat anak lari dan menemukan curhatan dengan orang lain di Medsos karena suasana rumah yang tidak nyaman. Sebab, fenomena skarang, teroris sudah menyasar kepada perempuan dan anak sebagai main player (pelaku utama)”, papar Endang.

Menurut Endang, radikalisme muncul dikarenakan pemahaman agama yang salah.Hal ini bisa dicirikan seperti adanya sikap intoleran, mudah mengkafirkan orang, fanatik (hanya golongannya yang benar), anti pancasila, UUD 45, tidak mau mengikuti upacara pengibaran bendera serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Masyarakat juga diharapkan mempunyai critical thinking', tidak mudah digiring dengan kalimat-kalimat menyesatkan, keyakinannya mudah goyah lantaran diiming-imingi hadiah surga, dengan 72 bidadari, jika siap melakukan bom bunuh diri”, imbau Endang.

Kita ini lanjut Endang, adalah Negara Pancasila, meski berbeda-beda namun tetap satu jua, dan dimana setiap agama juga mengajarkan tentang cinta dan kasih sayang dengan sesama.

“Radikalisme adalah suatu ideologi yang menginginkam perubahan secara cepat dengan menggunakan cara kekerasan dan meninggalkan nilai-nilai yang sudah ada. Radikalisme kanan menggunakan kedok agama contohnya ISIS, dan radikalisme kiri menggunakan kedok ideologi negara seperti PKI”, ungkap Endang.

Endang juga mengajak masyarakat supaya belajar tentang agama kepada ustad yang mengajarkan kebaikan dan kasih sayang antar sesama. “Jangan belajar agama dari ustd google (internet). Kembangkan kearifan lokal seperti budi pekerti, tolong menolong, tepa selira di lingkungan keluarga dan juga masyarakat guna menumbuhkan rasa kebangsaan”, ujar Endang. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Kristinanab 02 Des 2019, 19:01:12 WIB

    <a href="http://okamika-industrialdea.com/comment-maigri r-vite/comment-perdre-5-kg-en-4-jours.html"> repas maigrir</a>
    <a href="http://simphonyabelem.com/maigrir-vite/centre-p our-maigrir-prix.html"> perdre ventre homme rapidement</a>
    <a href="http://okamika-industrialdea.com/plat-dietetiqu e/perte-de-poids-qui-stagne.html"> perdre 10 kg rapidement</a>
    <a href="http://simphonyabelem.com/bruleur-de-graisse/ap pareil-brule-graisse-ultrason.html"> menu Г©quilibrГ© semaine</a>
    <br>
    ---------------------- <br>
    <a href="http://tow.webandaps.com/node/10525#comment-195 3274">Perdre Du Poids Rapidement</a>
    <a href="http://tow.webandaps.com/node/3171#comment-1952 743">Perdre Du Poids Rapidement</a>
    f43e11c

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat


  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim

Komentar Terakhir

  • Cinderella Solution Review

    I am genuinely thankful to the holder of this web page who has shared this ...

    View Article
  • Jual Kolom Praktis Surabaya

    thanks for sharing, if u need a KOLOM PRAKTIS or other constructions stuff , just ...

    View Article
  • 마이다스카지노

    The homepage is cool! Please visit my live casino homepage. Move when you click the ...

    View Article
  • vrrpoalsad

    Southland cd shivery notices <a href="http://cialistrd.com">cialis ...

    View Article