Lima Kecamatan di Kabupaten Mesuji akan Selenggerakan Pilkades Serentak

By Cahya Media 10 Agu 2017 Dibaca: 489KaliMesuji

Lima Kecamatan di Kabupaten Mesuji akan Selenggerakan Pilkades Serentak

Keterangan Gambar :


MESUJI, CAHYAMEDIA. CO.ID -Penanda tanganan Deklarasi Damai Pilkades 2017 diikuti oleh 49 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 16 desa di lima (5) kecamatan yang ada dalam lingkup Kabupaten Mesuji.

Hadir dalam kesempatan deklarasi Bupati Mesuji Khamami.,SH,. Dandim 0426/Tuba, Kapolres Mesuji, Camat dan Kapolsek di lima kecamatan.

Acara dipusatkan di  Taman Kehati Desa Mekar Sari Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (09/8).


Menurut Budiman Jaya S.STP,.M.IP., Kadis PMD dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya Deklarasi Damai agar pelaksanaan Pilkades serentak bisa berjalan damai, aman, tertib dan lancar.

Selain itu diharapkan calon kades bersedia dan berkewajiban melaksanakan dan mentaati tata tertib pelaksanaan pilkades dengan penuh rasa tanggung-jawab.

"Seluruh calon kepala desa diharapkan agar mematuhi semua ketentuan yang ada pada setiap tahapan khususnya dalam pelaksanaan kampanye serta mengendalikan diri dan mencegah massa pendukung yang akan melakukan tindakan provokasi, anarkis dalam pelaksanaan pilkades secara serentak ini," ucap Budiman Jaya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kades PMD Kabupaten Mesuji ini agar calon kades dalam menerima hasil dari pelaksanaan pemilihan suara didesa mading-mading, siap untuk beriiwa besar dan berlapang hati dalam menerima apapun hasilnya nanti.

Pilkades serentak yang akan di laksanakan pada tanggal 27 Agustus 2017 nanti di ikuti oleh 49 orang Calon Kades yang terdiri dari 45 orang Pria dan 4 orang calon dari Perempuan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mesuji Khamami.,SH dalam arahannya menyampaikan beberapa point penting yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh para calon kepala desa.

Selain itu, Khamami juga mengingatkan kepada para PNS dan juga perangkat desa setempat untuk bersikap netral.

"Penyelenggaraan pemilihan kepala desa adalah salah satu wujud pelaksanaan demokrasi bago masyarakat, sebagaimana dijelaskan di dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, peraturan menteri dalam negeri nomor 112 tahun 2014 tentang pemihan kepala desa dan peraturan daerah Kabupaten Mesuji nomor 3 tahun 2015 tentang pencalonan, pemilihan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa bahwa jabatan kepala desa adalah 6 (enam) tahun," papar Khamami.

Selain itu lanjut Khamami, penyelenggaraan Pilkades serentak  di Kabupaten Mesuji ini merupakan yang kedua kalinya yang sebelumnya sempat dilaksanakan pada tahun 2015 lalu.

"Alhamdulilah, pada pelaksanaan 56 Pilkades serentak tahun 2015 berjalan sukses, lancar aman dan kondusif," ungkapnya.

Feri Antoni Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas PMD Kabupaten Mesuji mengatakan bahwa dari ke-16 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada 27 Agustus mendatang ini tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Rawa Jitu Utara ada tiga (3) desa yakni Desa Sidang Gunung Tiga,Telogo Rejo, desa Sungai Buaya.

Kemudian kecamatan Simpang Pematang ada empat (4) desa yaitu Desa Jaya Sakti, Wirabangun, Rejo Binangun dan Desa Budi Aji.

Selanjutnya dari kecamatan Mesuji Timur ada dua (2) desa yang akan melaksanakan pilkades yakni Desa Sungai Cambai dan Desa Margo Jadi.

Kemudian Kecamatan Panca Jaya ada lima (5) desa yaitu Desa Adi Karya Mulya, Mukti Karya, Fajar Indah, Fajar Baru dan Desa Fajar Asri.

"Satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Tanjung Raya. Dimana ada dua desa yang akan melaksanakan Pilkades yakni Desa Bangun Jaya dan Desa Muara Tenang, dengan keseluruhan calon berjumlah 49 orang dan empat diantaranya adalah perempuan," imbuh Feri Antoni. (Luk)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Ginseng

    Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I’ll ...

    View Article
  • Aloe Vera

    Thank you so much for ding the impressive job here, everyone will surely like your ...

    View Article
  • zonaareapoker

    ini sangat bagus, saya akan kembali dan membawa kemenangan yang sangat besar ...

    View Article
  • obat diet alami

    semoga udah selesai ...

    View Article