DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna
Dalam Rangka Penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2018

By Cahya Media 20 Nov 2017 Dibaca: 202KaliTanggamus

DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna

Keterangan Gambar : PRD Tanggamus menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan APBD Kabupaten Tanggamus tahun anggaran 2018, Selasa (14/11) di gedung parlemen Tanggamus


TANGGAMUS, CAHYAMEDIA.CO.ID - DPRD Tanggamus menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan APBD Kabupaten Tanggamus tahun anggaran 2018, Selasa (14/11) di gedung parlemen Tanggamus. Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, beserta tiga wakilnya yakni Wakil Ketua I Rusli Shoheh, Wakil Ketua II Aris Budianto, dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko.

Dalam penyampaiannya didepan legislatif, wakil bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi mengatakan bahwa pendapatan dalam APBD 2018 diproyeksi sebesar Rp1, 56 triliun yang terdiri dari pendapat asli daerah (PAD) sebesar Rp 88,87 miliar, dana perimbangan Rp1, 08 triliun serta lain-lain pendapatan sah Rp402 miliar.

"Dengan kondisi ini, maka kapasitas fiskal Tanggamus masih sangat bergantung dengan transfer dari pusat, oleh karena itu kami akan terus berupaya meningkatkan PAD melalui intensifikasi dan ekstensifikasi potensi dan sumber daya yang dimiliki, " kata Samsul. Kemudian untuk belanja daerah tahun 2018 dianggarkan sebesar Rp1, 56 triliun yang terdiri dari belanja langsung Rp 1,04 triliun dan belanja langsung Rp525, 19 miliar." Secara garis besar belanja daerah Kabupaten Tanggamus untuk pelaksanaan pilkada serentak 2018 disamping itu untuk pemenuhan kewajiban 10 persen untuk pengalokasian dana desa (DD), " ungkap Samsul.

Sedangkan untuk pembiayaan daerah, terus wabup, di tahun 2018 secara total nol." Dengan kondisi itu maka rancangan APBD Kabupaten Tanggamus tahun 2018 tetap dalam kondisi berimbang, " kata wabup.

Wabup berharap apa yang telah disampaikan dalam sidang paripurna dapat dibahas secara seksama oleh DPRD Tanggamus." Saya persilahkan para anggota DPRD untuk memeriksa dan membahasnya, " ujarnya.

Seusai menyampaikan rancangan APBD tahun 2018, beberapa fraksi menyampaikan pandangan umum. Fraksi Demokrat dalam pandangan umumnya yang dibacakan juru bicara fraksi, Hajin M. Umar meminta klarifikasi terkait rekrutment TKS sebanyak 614 orang ditahun 2017 dan adanya jual beli TkS baik melewati legislatif maupun eksekutif.

"Jika merupakan salah satu program dalam pengentasan pengangguran maka harusnya bukan mendorong lewat perekrutan TKS baru, namun dengan cara mendorong majunya kegiatan perekonomian baik di bidang usaha kecil menengah (UKM), industri skala menengah, pertanian, jasa, dan lain sebagainya. Agar saudara Wakil Bupati mengklarifikasi hal tersebut," jelas Hajin.

Sedangkan jubir Fraksi PPP, Thaib Syahnika menyampaikan pandangan dan kritik fraksinya terkait pembangunan yang telah dilakukan pemkab Tanggamus.

ia menilai pembangunan saat ini terkesan asal-asalan dan amburadul, APBD pun hanya mengutamakan kepentingan eksekutif saja, Thoyib meminta agar APBD TA 2018 dapat lebih mengutamakan Kepentingan legislatif dan semua pihak.

"Seperti pembangunan saat ini, hanya asal jadi saja, harusnya pembangunan lebih mengedepankan kualitas bukan asal-asalan. Kepentingan semua pihak harusnya juga diakomodir eksekutif dalam pembahasan APBD TA 2017," kata Thaib

Jubir fraksi PDIP Yulistina memberi catatan hal-hal yang dianggap fraksinya merupakan permasalahan yang strategis, hal ini berdasarkan Permendagri No. 33 Tahun 2017 bahwa dalam menyusun APBD 2018 harus didasarkan pada prinsip seperti, pertama, harus sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah. Kedua, taat pada ketentuan perundangan yang berlaku dan memperhatikan rasa keadilan serta manfaat masyarakat.

"Ketiga, tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal dalam perundangan. Keempat, transparan. Kelima, partisipatif, dan terakhir tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan aturan undang-undang yang lebih tinggi," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanggamus Rusli Shoheh langsung menanggapi kritikan tersebut, ia mengatakan bahwa apa yang disampaikan pandangan fraksi partai Demokrat dan PPP layaknya seperti kritik pada tingkat parlemen pusat.

"Terima kasih untuk pak hajin, seperti dalam rapat paripurna di DPR-RI saja," ungkap Rusli dan disambut gelak tawa anggota dewan lainnya. (ADV)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article