Dishut Lampung Sosialisasikan Soal HKm

By Cahya Media 10 Agu 2017 Dibaca: 144KaliMesuji

Dishut Lampung Sosialisasikan Soal HKm

Keterangan Gambar :



MESUJI, CAHYAMEDIA.CO.ID - Dinas Kehutan Provinsi Lampung melalui Kepala KPH V Sungai Buaya Mesuji mengelar sosialisasi pola kemitraan bagi masyarakat Register 45 Sungai Buaya, Senin (07/08).

Sosialisasi digelar di Kawasan Air Mati Sungai Buaya Register 45, Senin.

Kepala KPH V Sungai Buaya Mesuji Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Murni SP, MH., mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan tidak lain agar kedepan, masyarakat dapat ditata serta tidak lagi terjadinya tumpang tindih terhadap lahan garapan.

"Saat ini banyak terjadi problem di kawasan Hutan Register 45. Untuk mengatasi persoalan tersebut serta menghindari terjadinya persoalan maka kami mencoba menerapkan sistem pola kemitraan bagi masyarakat yang menduduki kawasan hutan register 45 khususnya yang ada diarea air mati dan Talang Gunung," tegasnya.

Dikatakan Murni, ada sekitar 1.100 masyarakat yang akan mengikuti sosialisasikan kemitraan. Tujuannya, tentu agar kedepan masyarakat dapat sejahtera dan nyaman dalam menempati kawasan tersebut dan tidak tertekan oleh premanisme atau sebagainya.

"Sosialisasi kemitraan terhadap masyarakat Register 45 ini tentunya bertujuan agar masyarakat dapat sejahtera. Dimana nantinya pola kemitraan bagi setiap masyarakat atau kepala keluarga hanya boleh mengarap dua hektar dan tidak boleh memperluas area serta pemukiman," papar  Murni.

Menurut Murni, apabila pola kemitraan dapat berjalan maka, lahan yang akan digarap masyarakat yakni berjenis tanaman singkong, dan selanjutnya akan dilihat kedepannya yang mana yang akan menguntungkan.

Sosialisasi Kemitraan sebut Murni, merupakan Resolusi Kesejahteraan masyarakat kawasan melalui pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan kemitraan kawasan hutan industri register 45 sungai buaya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

"Pola kemitraan yang diterapkan ini tentunya agar masyarakat tidak jadi korban sekaligus mengantisipasi ulah oknum yang melakukan jual beli terhadap lahan register 45 kepada masyarakat.

"Kita tegaskan pola ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya jual beli serta hal lainnya yang memang membuat masyarakat gerah sebagai mana yang disampaikan dalam rapat sosialisasi ini. Tidak ada lagi jual beli tanah," tandas Murni.

Nantinya lanjut Murni, masyarakat akan dibentuk kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 50 orang, dan mengarap masing- masing akan menggarap dua hektar lahan.

"Bila memang sudah dilakukan kemitraan, selanjutnya akan dilakukan kerjasama dengan Polda, dan perusahaan. Intinya pola kemitraan ini agar masyarakat kedepannya terhindar dari hal- hal yang tidak diinginkan," tukasnya.

Salah satu tokoh Talang Batu Erwanto, sekaligus koordinator lapangan mengatakan, pihaknya menyambut baik sistem pola kemitraan yang akan diterapkan. Sebab kedepan ujar dia, masyarakat dapat tertib serta terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Pola kemitraan ini diharapkan dapat berjalan. Memang hari ini baru sebatas sosialisasi tetapi kedepan, kita harapkan masyarakat dapat menerima sistem pola kemitraan," ucap Erwanto.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Talang Gunung Sulham Efendi, Sekertaris Adat Mesuji Mul dan sekitar dua ratus penghuni kawasan regester 45 lokasi Dusun Air Mati desa Talang Gunung kecamatan Mesuji Timur. (Luk)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article