Di Duga Selewengkan Dana Desa Tahun 2017, Ketua APDESI Gadingrejo Tantang Wartawan

By Cahya Media 27 Des 2017 Dibaca: 83KaliPringsewu

Di Duga Selewengkan Dana Desa Tahun 2017, Ketua APDESI Gadingrejo Tantang Wartawan

Keterangan Gambar : Ilustrasi


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID - Wartoyo Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kecamatan Gadingrejo sekaligus Kepala Pekon Panjerejo Kabupaten Pringsewu menantang wartawan yang hendak melakukan peliputan terkait dugaan penyelewengan pembangunan dana desa yang bersumber dari APBN.


Wartoyo mengatakan pembangunan sudah sesuai harga satuan dari Dinas Pekerjaan umum (PU).


"Pembangunan sudah sesuai dengan prosedur dari kabupaten mas, jadi tidak ada yang salah dan menyalahi peraturan,".Ujarnya


Lebih lanjut Wartoyo menantang wartawan media ini yang hendak melakukan peliputan pembangunan di Rukun tetangga (RT) 6 dengan nama kegiatan SAPRAS LAINNYA Balaikambang dengan anggaran Rp.43.050.000,- selain itu juga pembangunan gorong-gorong di dusun 2 RT 3 Buis Beton dianggarkan Rp.49.937.000,-. Kemudian pembangunan tembok penahan tanah (TPT) menelan anggaran sebesar Rp.274.144.000,- serta di RT 4 dan 5 pekon setempat menghabiskan anggara Rp.75.693.5992,- Kuat dugaan rinci pekerjaan termin pertama dipekon pajerejo tersebut terindikasi di Mark Up.


"Wartawan yang hendak meliput, harus 'bawa linggis dan martil' Supaya enak nyongkel bangunannya, takut yang kurang bagus tinggal diketok aja,".Kata Wartoyo kepada Cahyamedia.co.id Rabu, (27/12).


Lebih parahnya Wartoyo memaki dengan nada tinggi dan diapun kembali melontarkan kata-kata 'dugaan itu bahasa setan'.


"Hallo.. Hallo.. Hallo... Diduga itu bahasa setan, bahasa untuk melindungi diri. Diduga, diduga itu bahasa orang buat emosi,".Ucapnya dengan nada keras.


Selain itu juga oknum kepala pekon panjerejo mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp messenger, lagi-lagi oknum kakon menantang wartawan.


"Kalau kamu laki-laki dan jentelmen, kamu harus berani tanggung jawab atas pemberitaan yang kamu tulis, sekarang kamu datang kerumah saya, sekarang saya tunggu,".Tangtangnya.


Sangat di sayangkan ucapan seorang kepala pekon sekaligus ketua APDESI Kecamatan Gadingrejo, terkait ujaran Oknum Kakon yang menantang wartawan membuat, Ahmad Khattab Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Pringsewu angkat bicara.


"Seharusnya Ujaran tantangan yang dilontarkan oknum ketua APDESI Gadingrejo tidak pantas untuk dikeluarkan, ucapan tersebut tidak bermoral dan tidak memiliki etika sebagai pejabat publik,".Tungkasnya


A. Khattab menambahkan, Jurnalis atau wartawan bekerja atas dasar perintah Undang-undang No.40 Tahun 1999 Tentang PERS. Selain itu juga peran Pers adalah sebagai PILAR Ke empat demokrasi di republik Indonesia sebagai (Pungsi Kontrol), harus diketahui oleh oknum kakon, kerja jurnalis hanya dengan pena dan kamera. 


Kalau memang demikian, selain ujaran tantangan 'Kalau mau meliput itu bawa martil dan linggis' kakon yang merangkap ketua APDesi, pihaknya Juga akan melakukan pelaporan terkait mark-UP pembangunan dipekon pajerejo.


"Sangat jelas peran pers di Indonesia sebagai pilar ke empat dan sebagai Pungsi  kontrol, kerjanya wartawan/jurnalis atas perintah UU. Terkait Dugaan mark-UP tersebut di lakukan dengan sadar mulai dari SAPRAS lainnya ini tidak memiliki katagori khusus di LPJnya, dan Panjang bangunan TPT maupun pembangunan irigasi tidak dicantumkan ukuran volumenya, jelas semua Pekerjaan pak Wartoyo berindikasi dikorupsi,"Pungkasnya.(DN)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article