Dendi Ramadhona: Lestarikan Budaya Demi Persatuan

By Cahya Media 09 Mei 2018 Dibaca: 39KaliPesawaran

Dendi Ramadhona: Lestarikan Budaya Demi Persatuan

Keterangan Gambar :


PESAWARAN, CAHYAMEDIA.CO.ID – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, minta pelestarian tradisi adat budaya Lampung di Bumi Andan Jejama harus dijaga, karena dinilai sangat penting guna memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Hal tersebut disampaikan nya  saat prosesi pemberian gelar adat Lampung Pepadun istri Bupati Pesawaran Nanda Indira Dendi yang di laksanakan di tiyuh kesugihan Desa Karang Anyar Kecamatan Gedongtataan, Rabu (9/5).

Pemberian gelar adat Lampung Pubian dua suku tiyuh kesugihan di hadiri oleh Anggota DPR RI Zulkifli Anwar, punyimbang tuha Khaja, Tuha Batin, serta tokoh adat yang tergabung di MPAL Kabupaten Pesawaran.

Sebelum mendapatkan gelar adat, istri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona gelar Suntan Bandakh Marga ini terlebih dahulu diangkat (angkon) anak oleh salah satu warga tiyuh kesugihan yakni Rozali Ansori gelar Suntan Hukum.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona (Suntan Bandakh Marga) dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pemberian gelar adat bagi orang lampung sangat penting sebab hal tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap budaya dan adat istiadat.


“Ya pelestarian tradisi adat budaya lampung di Bumi Andan Jejama juga sangat penting guna memperkokoh persatuan dan kesatuan sekaligus menjadi perisai budaya di tengah budaya global yang kian mengemuka sekarang ini,”ujarnya.

Menurutnya masyarakat Pesawaran juga memiliki ragam budaya yang khas dan unik, mulai dari adat istiadat, bahasa, dan sastra, tradisi, kesenian, arsitektur tradisional.

“Tradisi budaya Kham Lampung juga sarat dengan pengetahuan dan pesan-pesan filosofi sai dapok kham jejama terapko dilom Ngebangun karakter bangsa,”ungkapnya dalam bahasa Lampung.

Dia menambahkan budaya lampung memiliki basis budaya yang kuat, merupakan sumber ekonomi wisata yang dapat dikembangkan, termasuk wisata sejarah, serta memiliki potensi ekonomi kreatif dengan memadukan antara kreativitas seni dengan teknologi.

Acara ini saya nilai penting sebagai wahana untuk memelihara, melestarikan, dan mengembangkan budaya Lampung di masa kini dan di masa depan,”kata Dendi.

Seperti di ketahui Nanda Indira Dendi mendapat Gelar Suntan Putri Nata Makhga selain itu kedua putrinya yakni Anindiya Umaira Dendi mendapat Gelar Suntan Andika Putri serta Azima Anisa Dendi  mendapat Gelar Pangeran Andika Putri. (*)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Elat Herman Goni

    Terimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa, atas karunia Nya alumni-alumni STM Perintis, ...

    View Article
  • Brianlat

    Вечернее платье CYLF.RU <a ...

    View Article
  • Lean Belly Breakthrough

    I really appreciate the kind of topics you post here. Thanks for sharing us a great ...

    View Article
  • Spirulina

    Great Information sharing .. I am very happy to read this article .. thanks for ...

    View Article