BUMDes di Gumukmas Stagnan

By Cahya Media 18 Sep 2019 Dibaca: 224KaliPringsewu

BUMDes di Gumukmas Stagnan

Keterangan Gambar : Kantor BUMDes Pekon Gumukmas Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu


CAHYAMEDIA.CO.ID, PRINGSEWU - Upaya pemerintah dalam memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan potensi alam yang diaplikasikan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sejatinya memiliki tujuan guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Sayangnya, hal itu belum bisa sepenuhnya dilaksanakan seperti di BUMDes " Tanjung Seto" Pekon Gumukmas, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

BUMDes ini di tahun 2018 berusaha mengembangkan ternak kambing, namun akhirnya di rasa tidak menghasilkan hingga kambing yang ada di jual.

Saat dikonfirmasi media ini Ketua BUMDes Pekon Gumukmas, Antonius Munjirin mengungkapkan, dirinya hanya melanjutkan program dari ketua BUMDes yang lama  terkait pengelolaan ternak kambing.

"Saya hanya melanjutkan dan menjalankan apa yang diperintahkan kepala pekon untuk menjalankan program desa yaitu BUMDes dan kebetulan pada saat itu saya diamanatkan sebagai ketua. "ungkapnya.

Selain itu, Antonius juga memaparkan jumlah kambing yang diserahkan kepada pengurus BUMDes yang baru sekitar sepuluh ekor.

"Dari 10 kambing yang kami kelola di tahun ini, menghasilkan empat ekor kambing, karena saya tidak tega dengan orang yang memelihara jadi kami serahkan empat ekor kambing tersebut, "paparnya.

Masih, Antonius menjelaskan sepuluh ekor kambing yang tersisa kemudian dijual, untuk satu ekor kambing di jual dengan harga 1 juta.

"dari hasil penjualan kambing inilah yang menjadi modal awal untuk modal jualan pakan ikan dan sembako, "jelasnya.

Saat ditanyakan tatacara pembentukan BUMDes Antonius Munjirin tidak memahami langkahnya, dirinya mengaku bahwa ia ditunjuk langsung oleh Kakon setempat untuk mengurus dan mengembangkan dengan modal yang sangat minim.

Saat wartawan media ini mengkonfirmasi terkait pengembangan usaha, apakah modal atau potensi usaha? Munjirin tidak mengetahui secara jelas tatacara pengelolaan BUMDes.

"Saya hanya ditunjuk jadi ketua BUMDes, lebih jelasnya kalau untuk membangun BUMDes harus modal yang didahulukan, kalau gak ada modal apa yang harus dikelola oleh BUMDes, "katanya.

Namun, saat dikonfirmasi Kepala Pekon Gumukmas tidak ada dikantor, saat wartawan media ini mengkonfirmasi via telepon tidak ada jawaban alias tidak diangkat. (Habibi)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat


  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim

Komentar Terakhir

  • star shaped glitter

    If you want to get much from this article then you have to apply such strategies ...

    View Article
  • dp jasa seo

    Salam kenal buat semuanya. Webnya makin rame aja ...

    View Article
  • Best Beard Trimmer For Stubble

    I am all that much happy with the substance you have said. I expected to thank ...

    View Article
  • best mail order pharmacies

    <a href="http://canadianpharmaciesoffer.com/">sa fe canadian online ...

    View Article