BELAJAR KELOLA SAMPAH, PEMKAB PRINGSEWU STUDI BANDING KE MALANG

By Cahya Media 25 Apr 2018 Dibaca: 45KaliPringsewu

BELAJAR KELOLA SAMPAH, PEMKAB PRINGSEWU STUDI BANDING KE MALANG

Keterangan Gambar : Dalam rangka mempelajari kiat dan keberhasilan dalam pengelolaan Bank Sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mengunjungi  Kota Malang, Jawa Timur. 


MALANG, CAHYAMEDIA.CO.ID - Dalam rangka mempelajari kiat dan keberhasilan dalam pengelolaan Bank Sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu mengunjungi  Kota Malang, Jawa Timur. 

Kota ini menjadi tujuan pembelajaran, mengingat pemerintah kota beserta masyarakat setempat yang dinilai telah berhasil dalam mengelola sampah dengan membuat bank sampah.

Dalam studi banding tersebut, jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang terdiri Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu Emil Riady, S.Sos beserta jajaran  diterima oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Malang Drs.Wasto, S.H., M.H. didampingi Asisten Bidang Perekonomian  Setda Kota Malang Ir.Diah Ayu Kusuma Dewi, M.T. dan jajaran Pemkot Malang di Balai Kota Malang, Rabu (25/4).

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam kesempatan tersebut berharap, apa yang didapatkan dari hasil kunjungan kerja atau studi banding ke Kota Malang, nantinya dapat diterapkan di Kabupaten Pringsewu yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang ada, terutama berkaitan dengan pengelolaan bank sampah yang baik dan benar. 

"Bank Sampah Kota Malang ini telah menjadi rujukan nasional," ucap Fauzi.

Sementara itu, Sekdakot Malang Drs.Wasto, S.H., M.H. menjelaskan, Bank Sampah Malang (BSM) yang dirintis sejak 2011, memiliki sistem usaha yang profesional, serta ditunjang dengan sarana yang lengkap seperti alat timbang, mesin penghancur botol plastik, mesin pembersih, truk dan alat angkut skala kecil dan besar, kantor dan unit-unit cabang, gudang serta memiliki jaringan distribusi produksi akhir sampah.

Kini lanjut Wasto, warga anggota BSM tidak lagi sembarangan membuang sampah lantaran sampah-sampah tersebut memiliki nilai ekonomis.

Lantaran bisa menghasilkan uang ujar Wasto, sampah mulai kertas-kertas bekas, botol air mineral, besi bekas, tutup botol bekas, kaleng bekas dan lain-lainnya dikumpulkan.

"Saat kendaraan keliling milik BSM datang, sampah tersebut ditimbang dan kemudian dibayar," ungkapnya.

Selain itu, sambung Wasto, BSM Malang juga giat melakukan sosialisasi gerakan lingkungan bersih dan sehat serta melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam mengolah sampah plastik, melakukan kerjasama dengan kader lingkungan di wilayah Kota Malang dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

"Bank Sampah Malang kini telah menjadi program unggulan yang diapresiasi secara nasional," ucap Wasto.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan tukar menukar cinderamata antara Wabup Pringsewu dengan Sekdakot Malang atas nama masing-masing pemerintah kabupaten dan kota.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. bersama jajaran juga meninjau sejumlah unit pengolahan sampah dan Bank Sampah Kota Malang. (*/Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. tong sampah beroda 16 Mei 2018, 11:01:27 WIB

    Saya setuju sekali dengan langkah studi banding yang diambil karena sampah adalah masalah perkotaan yang paling utama disamping kemacetan. Selain itu perlu banyak disadarkan juga warga setempat untuk buang sampah di tong sampah yang disediakan.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Ginseng

    Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I’ll ...

    View Article
  • Aloe Vera

    Thank you so much for ding the impressive job here, everyone will surely like your ...

    View Article
  • zonaareapoker

    ini sangat bagus, saya akan kembali dan membawa kemenangan yang sangat besar ...

    View Article
  • obat diet alami

    semoga udah selesai ...

    View Article