Adhar Al Mursyid : Pentingnya PKG Dalam Madrasah

By Cahya Media 14 Jun 2020 Dibaca: 86KaliPerspektif

Adhar Al Mursyid : Pentingnya PKG Dalam Madrasah

Keterangan Gambar : Dr. Adhar Al Mursyid, M.Pd.I


CAHYAMEDIA.CO.ID, PRINGSEWU - Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan serangkaian penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

Sebagai sebuah institusi pendidikan formal, maka sekolah (Madrasah) baik negeri maupun swasta seyognya bisa melakukan PKG secara objektif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswanya.

Demikian diungkapkan Adhar Almursyid, Kepala MA Darul Ulum Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu yang belum lama ini menyandang gelar Doktor di bidang Manajemen Pendidikan Islam dari Kampus UIN Raden Intan Lampung.

Menurut Adhar, Penilaian Kinerja Guru, PKG dilakukan dalam rangka melihat tercapainya kualitas proses pembelajaran, pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dan sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah.

Dimana lanjut Adhar, hasil penilaian kinerja guru digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi kinerja sekaligus sebagi dasar bagi pimpinan dalam memberikan rekomendasi perbaikaan kinerja serta menaikan intensif dan promosi jabatan bagi guru yang memperoleh nilai akumulasi terbaik dengan hasil dianggap kinerja terbaik.

Menurut Adhar, berdasarkan dari Disertasi penelitian tentang PKG yang ia lakukan terhadap tiga madrasah aliah (dua madrasah swasta dan satu madrasah negeri), sistem penilaian kinerja guru di MAN 1 Pringsewu, di MA Nurul Huda Pringsewu, dan MA Maarif Sukoharjo Pringsewu pada dasarnya sama yakni mengacu pada Junknis PKG yang telah baku berdasarkan acuan perundang-undangan.

“Namun, ditemukan adanya beberapa perbedaan dalam pelaksanaannya. Di MAN 1 Pringsewu misalnya, hasil penilaian sudah digunakan untuk pemberian intensif  atau reward, akan tetapi belum digunakan untuk promosi jabatan.  Sementara di MA Nurul Huda Pringsewu dan MA Maarif Pringsewu, hasil penilaian belum bisa digunakan untuk menaikan intensif atau gaji guru dan juga promosi jabatan. Kelemahan sistem PKG di MA Nurul Huda dan MA Maarif adalah belum adanya instrumen penilain kinerja secara khusus yang dibuat dan dilakukan oleh yayasan. Padahal itu sangat penting sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas layanan lembaga”, papar Adhar. 

Pun demikan halnya lanjut Adhar, berkenaan dengan Pembinaan Kinerja Guru. Dimana, proses pembinaan kinerja guru di MAN 1 Pringsewu, MA Nurul Huda Pringsewu, dan MA Maarif Sukoharjo Pringsewu secara umum sudah berjalan dengan baik.

Pembinaan guru yang dilakukan di ketiga madrasah meliputi kegiatan supervisi akademik, kegiatan workshop atau pelatihan melalui kegiatan MGMP, pengembangan karir, kompensasi, hukuman dan pemberian izin pendidikan lanjut.

“Kegiatan supervisi akademik di ketiga madrasah sudah berjalan dengan baik dengan supervisor utamanya adalah kepala sekolah dan pengawas sekolah. Adapun jenis kegiatan supervisi yang dilakukan diantaranya melalui kunjungan kelas, rapat dewan guru, pertemuan pribadi dan kelompok, serta kunjangan antar kelas dan sekolah. Tujuan utama kegiatan supervisi adalah memperoleh data berkaitan dengan pelaksanaan kerja guru serta alat bantu bagi guru yang memiliki kesulitan”, terang Adhar..

Selain itu ucap Adhar, perbedaan mendasar dari proses pembinaan kinerja di ketiga madrasah terjadi pada sistem kompensasi (reward) dan hukuman (punishment). Sistem kompenasi dan juga gaji bagi guru PNS diatur oleh pemerintah dan cukup besar. Berbeda dengan guru berstatus Non PNS atau guru tetap yayasan (GTY), dimana tidak semua sekolah swasta memiliki sistem kompensasi yang baik.

“Untuk gaji pokok saja terhitung masih minim, hal itu tergantung dengan kemampuan keuangan yayasan. Sistem kompensasi dari pemerintah melalui program tunjangan sertifikasi guru juga sebenarnya menjangkau guru-guru swasta yang mengabdi di yayasan. Akan tetapi kendala yang masih terjadi adalah selain prosesnya yang panjang dan ribet, juga belum semua guru memiliki SK GTY”, urai Adhar.

Sementara sambung Adhar, berkaitan dengan perencanaan SDM guru, proses perencanaan SDM guru di MAN 1 Pringsewu, MA Nurul Huda Pringsewu, dan MA Maarif Sukoharjo Pringsewu secara umum sudah berjalan dengan baik. Kegiatan perencanaan SDM di ketiga madrasah sudah meliputi analisis kebutuhan guru, proses rekrutmen, seleksi, penugasan guru dan perencanaan kerja.

“Ada beberapa perbedaan proses dari masing-masing tahap utamanya dalam proses rekrutmen dan seleksi guru serta penugasan. Sebagai madrasah negeri, MAN 1 Pringsewu melakukan pemenuhan kebutuhan guru dengan mekanisme rekrutmen CPNS yang metode seleksinya diatur oleh pemerintah. Akan tetapi seleksi CPNS belum sepenuhnya mampu memenuhi kekurangan guru sehingga pihak sekolah juga melakukan rekrutmen guru non PNS atau guru tidak tetap (GTT) secara mandiri”, ucap Adhar.

Perbedaan antara MAN 1 Pringsewu, MA Nurul Huda Pringsewu dan MA Maarif Sukoharjo yang berstatus madrasah swasta, maka proses rekrutmen dan seleksi guru murni dilakukan oleh pihak sekolah dan yayasan. “Status guru di kedua madrasah juga berstatus Non PNS atau Guru Tetap Yayasan (GTY). Proses rekrutmen dan seleksi guru dilaksanakan secara tertutup dan belum objektif. Dalam konteks penugasan guru, perbedaan status guru tadi juga mempengaruhi dengan SK tugas dimana ada SK PNS dan SK GTY”, ujar Adhar. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. bitcoin wealth app review 10 Jul 2020, 12:22:15 WIB

    Crypto Cook is a Cryptocurrency and Forex blog with honest reviews of crypto robots, brokers, wallets, guides and products to help you earn passive income

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat


  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim

Komentar Terakhir

  • ASheaxy

    buy lipitor <a href=https://lipitormedication.com/>lipitor generic</a> ...

    View Article
  • ASheaxy

    atorvastatin side effects <a href=https://lipitormedication.com/>lipitor buy</a> ...

    View Article
  • AAlkamy

    atorvastatin 10 mg <a href=https://lipitormedication.com/>buy lipitor</a> ...

    View Article
  • Aobemifed

    successfully treats coronavirus what is an antiviral drug why is it different from an ...

    View Article